Minggu, 25 Januari 2015

5 Makanan Yang Dapat Menghilangkan Badmood

makanan yang dapat menghilangkan bad mood

Cuaca yang dingin dan pola makan yang salah bisa membuat Anda merasa lelah dan mudah merasa bad mood. Kalau sudah terlanjur bad mood, seolah semua hal bisa berantakan dalam satu hari!

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah bad mood. Mulai dari melakukan kegiatan yang disukai, bersantai, dan lainnya. Selain itu, bad mood juga bisa diredakan dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Berikut adalah lima makanan sehat yang ampuh mengusir bad mood, seperti dilansir oleh App for Health (20/01)

1. Lemak omega-3
Banyak penelitian yang telah menunjukkan kaitan antara asam lemak omega-3 dengan penurunan depresi. Asam lemak omega-3 dipercaya bisa mempengaruhi mood dan mencegah peradangan pada otak. Beberapa zat yang memicu peradangan pada otak disebut cytokines ditengarai bisa menyebabkan depresi. Omega-3 akan membantu menghambat cytokines dan mencegah depresi.

Penelitian terbaru juga menemukan bahwa pasien yang mengalami masalah mental seperti depresi, bipolar sindrom, dan kecemasan bisa mendapatkan manfaat dengan mengonsumsi makanan yang kaya omega-3. Makanan yang kaya omega-3 antara lain adalah ikan (salmon, sarden, makarel), minyak canola, walnut, dan telur.

2. Vitamin D
Vitamin D memang baik untuk kesehatan tulang. Namun penelitian terbaru mengungkap bahwa vitamin D juga bisa mencegah masalah mood. Penelitian menemukan bahwa vitamin D bisa meningkatkan serotonin, salah satu senyawa pada otak yang berkaitan dengan mood. Vitamin D juga diketahui bisa membantu mencegah depresi.

Vitamin D bisa didapatkan melalui paparan sinar matahari, susu kedelai, kuning telur, dan bisa dikonsumsi melalui suplemen.

3. Vitamin B12
Vitamin B12, dengan jenis vitamin B lainnya tampaknya memiliki peran penting dalam kesehatan mental. Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan anemia, masalah saraf, dan penurunan fungsi mental, serta depresi. Penelitian menemukan bahwa 30 persen pasien yang mengalami depresi kekurangan vitamin B12.

Makanan yang kaya vitamin B12 antara lain kepiting, tiram, kerang, salmon, daging sapi tanpa lemak, yogurt rendah lemak, susu, dan telur.

4. Folat
Folat juga diketahui baik untuk menjaga kesehatan mental dan mood. Mengonsumsi folat akan meningkatkan mood dan mencegah kelelahan. Peneliti percaya bahwa folat digunakan oleh tubuh untuk memproduksi hormon serotonin yang bisa meningkatkan mood.

Beberapa makanan yang kaya folat antara lain sayuran hijau seperti kale, brokoli, bayam, biji bunga matahari, dan jeruk. Konsumsi makanan yang kaya folat untuk meningkatkan mood dan mencegah mood buruk.

5. Sarapan
Sarapan tak hanya memberikan Anda energi untuk memulai hari. Penelitian juga menunjukkan bahwa makan sarapan bisa meningkatkan mood. Orang yang makan sarapan melaporkan bahwa mood mereka lebih baik dan mereka lebih bersemangat. Konsumsi sarapan seimbang yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah bad mood. Jika sudah terlanjur bad mood, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan tersebut untuk membuat mood Anda kembali baik.